Jumat, November 30, 2007

Uenak!

Di hari penghujung semester ini, hari yang suntuk diwarnai kekaguman dari sebuah produk hasil karya yang dijajakan dengan penuh kebanggaan: JAMUR GORENG. Yang ini bukan sembarang jamur. Jamur Tiram yang digoreng dengan tepung dan berasa mak nyus itu hasil budi daya mahasiswa Biologi UKDW. Selama 3 bulan mereka membiakkan jamur tiram ini di lab. Hasilnya luar biasa. Kemudian diolah secara sederhana menghasilkan jamur goreng yang uenak! Menurut mahasiswa-mahasiswa ini, membiakkan jamur tiram dan jamur kuping punya kemungkinan yang lebih besar untuk berhasil, asal medium tempat tumbuhnya selalu terjaga kelembabannya. Tiga bulan pertama adalah untuk menumbuhkan jamur tiram pertama, setelah diunduh, akan lebih cepat tumbuhnya.


Bayangkan jika budi-daya jamur ini diteruskan dan menjadi komoditas dari institusi ini atau untuk mengembangkan suatu komunitas untuk dapat lebih berdaya ekonominya. Ini akan jadi suatu prestasi tersendiri dari anak-anak muda dengan karya intelektualnya. Mereka bahkan akan berdaya untuk mengembangkan usaha sehingga tidak perlu tergantung pada lowongan pekerjaan yang sering kali sulit didapat dan kalaupun dapat tidak sesuai dengan bidang ilmu yang mereka tekuni selama kuliah.

Jadi bagaimana nasib jamur tiram goreng yang uenak itu? Apa hanya berhenti di atrium UKDW saja selama pameran, atau akan berlanjut? Kalau ada lagi saya pesan 2 bungkus ya! Uenak sih.

1 komentar:

cien cien mengatakan...

Jamur goreng enakkkkk
* hmm coba kalo ada yang jual di koperasi or di kantin duta :D
hiihi pasti asek de