Senin, Februari 11, 2008

Wisuda....


Keberhasilan akademik ternyata juga ditentukan oleh lingkungan sekitar selain tentu saja ketetapan hati untuk berhasil berperan besar. Ini terjadi di lingkungan part-timer perpustakaan Duta Wacana. Pada wisuda periode Februari 2008 kemarin, 5 orang part-timer perpustakaan (salah satunya mantan part-timer) berhasil membuktikan keberhasilan akademik mereka. SELAMAT JADI SARJANA!!!

Apa yang mereka lakukan selama bekerja di perpustakaan? Duduk termenung menunggu ada pengguna yang dilayani peminjaman atau pengembalian bukanlah kegiatan mereka. Tekad mereka untuk lulus bersama dan di wisuda bersama memacu mereka untuk memanfaatkan waktu untuk mengerjakan skripsi di saat tidak melayani pengguna perpustakaan. Ada yang membaca, ada yang mengetik, ada yang melanjutkan pemrograman, ada yang searching tambahan informasi atau problem solving yang mungkin ada di Internet. Wajah mereka serius, dan juga serius dalam memberi semangat satu sama lain.

Bekerja di perpustakaan memberi mereka akses tanpa batas terhadap koleksi yang dapat mereka gunakan. Buku-buku yang lalu lalang bisa jadi inspirasi tambahan, temuan baru dan acuan baru. Obrolan dan diskusi dengan rekan-rekan jadi evaluasi terhadap apa yang sedang dibuat. Pemandangan orang-orang yang bercokol di ruang baca setiap hari, memberi mereka pilihan: SKRIPSIKU HARUS SELESAI.

Jadi... bagi mereka yang belum selesai juga, mungkin karena lingkungannya kurang mendukung, bukan karena tidak mampu.

Semangat!!!!

Tidak ada komentar: