Sabtu, Februari 09, 2008

TIDAK TAHU

Mengawali semester baru dengan tugas-tugas baru dan semangat baru, masih saja diwarnai dengan kebiasaan lama yang ternyata tetap hinggap pada beberapa mahasiswa, tak peduli berapa umur mereka atau sudah berapa lama mereka bercokol di UKDW.

Ada yang sengaja meliburkan diri lebih lama sementara di pertemuan pertama kelas teman-temannya sudah bersiap dengan tugas pertama yang tentu saja memiliki persentase nilai lumayan. Karena libur maka tidak mengumpul tugas, kalau ditanya kenapa, maka jawabannya sangat klasik dan tidak bertanggung jawab: TIDAK TAHU.
Bagaimana mungkin tidak tahu? Kalender akademik sudah sejak awal memberi tahu kapan tanggal-tanggal keramat untuk registrasi dan awal kuliah. Jadwal kuliah dan kelas-kelas tentu sudah tersedia sebelum registrasi. Para dosen sudah menyebarkan dan mempresentasikan silabus kuliah di pertemuan pertama dan kemudian membagikannya secara online atau lewat unit fotocopy. Tidak tahu, bukan alasan.

Ada yang terpaksa cuti karena tidak sempat membayar SKS pada jadwal yang sudah ditentukan. Ketika ditanya kenapa terlambat? TIDAK TAHU kalau tidak boleh terlambat. Ini lebih aneh. Jadwal pembayaran bahkan telah diperpanjang karena ada permasalahan dengan prosedur, ini diluar konteks, dan informasi itu mudah didapatkan. Tapi sekali lagi alasan TIDAK TAHU memperlihatkan ketidakpedulian.

Ada yang bingung karena ternyata namanya tidak terdaftar dalam daftar mahasiswa skripsi, karena tidak tahu bahwa dia harus registrasi untuk tetap tercatat sebagai mahasiswa. Ini mengerikan karena dia sudah lebih dari 4 tahun di UKDW. Mengapa? TIDAK TAHU.

Persentase yang bermasalah dengan TIDAK TAHU memang tidak banyak, bahkan sedikit sekali. Tapi, tetap saja mengerikan dan merepotkan sementara prosedur registrasi dan pembayaran sudah terjadwal dan tersusun sedemikian rupa. Apalagi sistem sudah terkomputerisasi. Maka hanya ada dua kondisi ketika komputer sudah ambil alih: YA atau TIDAK. Kalau kemungkinan tersebut masih diobok-obok dengan alasan apapun, ya mending pakai manual lagi aja.

capek deh..

Tidak ada komentar: