Senin, April 21, 2008

Jogja e-Govt : Mobile Jogja 2740

Seiring dengan berkembangnya kota yogyakarta sebagai kota pelajar dan salah satu kota tujuan wisata, maka kebutuhan masyarakat umum baik yang berasal dari luar ataupun masyarakat jogja sendiri atas informasi yang aktual dan akurat semakin meningkat. Informasi-informasi yang dibutuhkan secara cepat dan teraktual antara lain meliputi informasi layanan publik yang ada di kota jogja serta informasi-informasi yang berkaitan dengan potensi daerah yang ada di kota yogyakarta.

Melihat perkembangan kota jogja yang semakin pesat dan kebutuhan akses informasi yang cepat bagi penduduknya maka pemerintah kota yogyakarta pada awal tahun 2005 mencanangkan peningkatan e-goverment di segala bidang pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan, yang diharapkan dapat menjadi batu loncatan untuk perkembangan teknologi informasi di kota yogyakarta dimasa yang akan datang. Isu yang muncul dari permasalahan kebutuhan informasi ini adalah bagaimana informasi tersebut dapat diakses kapan saja dan dimana saja kita berada, dengan tujuan agar didapatkan peningkatan kualitas dan efesiensi dalam penyebaran informasi.

Penerapan TI untuk penyelesaian masalah
Pemerintah kota yogyakarta sebagai penyedia layanan publik, berusaha untuk mengakomodasi semua kebutuhan data dan informasi tersebut kedalam sebuah layanan aktual, cepat dan terjangkau oleh masyarakat luas dengan mengembangkan layanan Mobile Jogja. Mobile Jogja adalah sebuah sistem penyedia layanan dan informasi menggunakan handphone/telepon seluler berbasis SMS(short message service) untuk kepentingan internal pemerintahan ataupun warga masyarakat yogyakarta. Alasan Pemkot Yogyakarta menggunakan telepon seluler sebagai sarana penyampaian informasi, karena telepon seluler menjadi sarana alternatif komunikasi masyarakat yang dapat dengan cepat mengakses informasi yang akurat dalam waktu yang singkat dan murah.

Layanan ini lebih dikenal dengan nama Mobile Jogja 2740, layanan ini adalah hasil dari kerja sama Pemkot yogjakarta dengan Gama Tecno UGM yogyakarta dan seluruh operator selular seperti Indosat, Telkomsel, Telkom, dan Pro XL. Dalam pelaksanaannya layanan ini bekerja untuk pengembangan , pengelolaan, dan pemeliharaan data centre/pusat data untuk mendukung layanan Value Added Short Message Service(VASMS) yang dapat diakses melalui kode 2740 dan tidak terbatas pada operator layanan telekomunikasi. Layanan ini merupakan layanan terpadu yang dikelola oleh UPIK(Unit pengelola informasi dan keluhan) yang bertujuan untuk mengakomodir aspirasi dan keluhan yang ada di masyarakat Yogyakarta yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah kota, sekaligus dengan nomor kode akses 2740 masyarakat jogja dapat mencari informasi mengenai kota Yogyakarta secara cepat dan murah. Layanan yang disediakan oleh Mobile Jogja 2740 dapat dilihat dengan mengetik ‘JOG INFO’ dan kirim ke 2740, layanan yang disediakan oleh Pemkot jogja meliputi info kota, hotel, sekolah, jalur bis, pesawat dll.

Penerapan dari Program Mobile Yogya 2740 membawa hasil yang menguntungkan dan juga mempunyai kekurangan, Beberapa keuntungan dari fasilitas Mobile Jogja:
  • Masyarakat dimudahkan dalam mendapatkan informasi,
  • Layanan yang praktis, masyarakat dapat dengan mudah mengakses kapan saja dan dimana saja informasi dengan menggunakan layanan sms.
  • Menggali potensi-potensi daerah
  • Meningkatkan layanan publik
  • Memperlancar kegiatan bisnis
  • Mendorong proses digitalisasi data, hal ini dapat mendorong akselerasi implementasi e-Government secara keseluruhan
  • Meningkatkan brand image Kota Yogyakarta
  • Meningkatkan pendapatan daerah.
Beberapa Kekurangan fasilitas Mobile Jogja:
  • Tergantung pada sinyal operator handphone di tempat pengakses
  • Informasi yang ada, hanya informasi yang sudah terdaftar di pemkot Yogyakarta

dilaporkan oleh : Edy Gunawan, Riki Yuldi, Heiritho NG
[keluhan plagiarisme ditujukan ke othie@ukdw.ac.id]

Tidak ada komentar: