Selasa, September 23, 2008

Keribetan Semester Baru

Ini bukan hanya semester baru, tapi juga tahun ajaran baru, sehingga perhatian banyak tertuju pada mahasiswa baru, baik strata 1 maupun strata 2. Ada 800an orang baru mendarat di UKDW tahun ajaran baru ini.
Berinteraksi dengan mereka di dalam kelas adalah pengalaman yang seru dan geli. Mereka yang baru saja melepaskan seragam SMAnya ini memasuki dunia perkuliahan dengan antusias dan penuh tanda tanya. Hal-hal yang mengganggu dan menjadi pertanyaan lumrah bagi mahasiswa baru:
  1. jadwal kuliah yang berbeda dari jadwal SMA --> dianggap tidak teratur
  2. tugas yang banyak
  3. bingung atur waktu antara
  4. matakuliah yang serem
  5. dosen yang menimbulkan kecemasan karena gak jelas ngajarnya, strict dan membingungkan
  6. gak ada test susulan
  7. belum punya teman cewek
  8. belum punya komputer sendiri
  9. kuliah melelahkan, dan sering pulang malam
Itulah sebagian dari keluhan mereka. Ada banyak yang merasakan bahwa SMA adalah masa-masa indah, tapi tidak ada yang bersedia mengulanginya dengan kembali ke SMA lagi.
Yah intinya ini masih dalam rangka eforia dan kekagetan.

Di sisi lain, mahasiswa yang sudah tahun ke dua dan seterusnya melanjutkan hidupnya. Tugas-tugas yang menumpuk sudah tidak lagi diributi, tapi masih saja banyak tugas yang tidak dikerjakan dengan maksimal. Mungkin kebiasaan copy-paste masih terlalu sulit dilepaskan karena harganya mahal. Sudah mengurat nadi.

Sisi kehidupan lain, pacar baru membuat hati dan wajah ceria sepanjang hari. Tidak punya pacar sudah jadi makanan sehari-hari. Pendekatan dengan adik tingkat membawa semangat baru. Terlibat proyek dengan dosen ternyata membawa kepusingan yang buat bangga dan kesadaran bahwa ilmu yang diberikan ternyata tidak sia-sia, dan ada cara baru untuk belajar.

Gado-gado.

3 komentar:

ianvisioner mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ianvisioner mengatakan...

memang benar, semester awal masa paling ribet buat para mahasiswa.
Tapi kalau ribetnya karna nggak punya komputer, mulai sekarang jangan bingung lagi. kunjungi saja http://i-comp.blogspot.com
disana temen2 akan menjumpai berbagai rakit komputer super murah. Dalam merakit komputer, jangan lupa tetep harus sesuai kebutuhan dan dana yang ada ya.!

Redy Joko Prasetyo mengatakan...

hmm emang bener banget. di biologi juga gk kalah ribetnya diawal semester. tapi gpp memberi motivasi untuk posting tiap hari di http://www.inforedia.com/
Blognya anak biologi'08 ukdw jg