Senin, Februari 07, 2011

Lowongan Part-Timer Baru di Perpustakaan UKDW : Asisten PDE-LI

Asisten Pengelolaan Data Elektronik dan Literasi Informasi (PDE-LI). Ini dia jenis part-timer baru yang diperlukan di Perpustakaan UKDW. Untuk kesempatan menjadi asisten PDE-LI kami membutuhkan mahasiswa Teknik Informatika atau Sistem Informasi. Tidak bermaksud mengecilkan kemampuan mahasiswa di prodi lain, tapi karena baru pertama kali, maka kami baru bisa membayangkan bahwa pekerjaan yang berurusan dengan data elektronik akan lebih mudah dikerjakan oleh mahasiswa di kedua prodi tersebut.

Untuk istilah pengelolaan data elektronik mungkin mudah untuk dimengerti, tapi istilah literasi informasi mungkin masih asing. Literasi informasi adalah kemampuan memanfaatkan informasi dalam berbagai format secara efisien dan etis. Nah, di perpustakaan akan ada kelas regular untuk mahasiswa belajar memanfaatkan informasi dan menggunakan secara efisien dan etis. Misalnya mengakses dan melakukan pencarian pada database e-journal, mengevaluasi sumber informasi di Internet, mengenal dan menggunakan search engine, memanfaatkan koleksi umum, referensi dan periodikal di perpustakaan atau menggunakan katalog online serta mencari buku di perpustakaan. Itu semua adalah sebagian dari urusan literasi informasi. Kalau jadi asisten berarti membantu yang mengajar kala kelas berlangsung. Secara rinci ini gambaran kerjanya :

  1. Membantu mengelola penggunaan lab literasi informasi sesuai ketentuan penggunaan lab
  2. Membuat laporan penggunaan lab
  3. Melayani pendaftaran kelas Literasi Informasi
  4. Menjadi asisten kelas Literasi Informasi
  5. Membantu kesulitan pengguna lab dalam menggunakan komputer
  6. Melakukan pemeliharaan komputer di lab secara periodik maupun insidentil
  7. Membantu melengkapi data elektronik: periodikal dan SInTA
  8. Terlibat dalam proyek digitalisasi atau kegiatan khusus perpustakaan yang diatur secara khusus.
  9. Bertanggung jawab kepada Staff Perpustakaan bagian Data Elektronik dan Lab, dan bagian Periodikal.
Kami mencari 5-7 mahasiswa  Teknik Informatika atau Sistem Informasi yang  sedang skripsi atau mengambil matakuliah hanya 1 atau skripsi dan 1 matakuliah.

Bersedia kontrak selama 6 bulan, tidak bekerja di unit lain atau di tempat lain, tidak mendapat beasiswa dari manapun,  IPK >2.5, mahasiswa aktif registrasi (tidak cuti studi), dan mau bekerja shift (08.00-12.30 atau 12.30-17.00).

Bagi yang tertarik dan memenuhi syarat  silahkan menyerahkan :
  1. Surat lamaran yang ditujukan ke Kepala Perpustakaan UKDW dengan mencantumkan no ponsel dan email
  2. Curriculum Vitae
  3. Pas foto 2x3 atau 3x4 berwarna atau hitam putih
  4. transkrip nilai terakhir
  5. fotocopy KRS 1 lembar
Kesemuanya diserahkan paling lambat tgl 18 Februari 2011ke Bpk Sonny/ Ibu Titi di ruang staff  lt 2 ruang baca. Bagi yang lolos untuk wawancara kami SMS untuk hadir pada tgl 21 Februari 2011 di Perpustakaan UKDW.

Ayo bergabung. Yang skripsi jangan takut, Anda akan lebih semangat mengerjakan skripsi di perpustakaan sambil bekerja!!!

Tidak ada komentar: