Selasa, November 20, 2007

Pamer !

Apa yang salah dengan pamer? Tidak ada. Kata ini memang lebih sering kita dengar dengan nada tidak nyaman di telinga, tapi kata ini sebenarnya mewakili kegiatan yang melibatkan keberanian untuk menyatakan aktulisasi diri, kualitas diri, dan prestasi diri. Kalau tidak dinyatakan, maka api untuk membakar semangat orang lain untuk punya kualitas dan prestasi diri yang lebih baik akan kurang.

Pamer ini yang berkala dilakukan oleh mahasiswa arsitektur atau desain produk pada tingkat manapun. Mereka berani pamer hasil karyanya yang mungkin tidak dimengerti oleh orang lain artinya. Tapi mereka berani menyatakan seberapa keberhasilan mereka, siapa diri mereka dan apa yang mereka hasilkan.


Kegiatan ini patut ditiru oleh mahasiswa di prodi lain, sekalipun tidak selalu berarti pamer di ruang terbuka. Kegiatan pamer yang sering dianggap tidak serius oleh mahasiswa adalah PRESENTASI di kelas, pada matakuliah apapun. Selama 10 tahun mengajar, kebanyakan mahasiswa baru serius presentasi pada saat pendadaran. Mereka tidak cukup menghargai kesempatan pamer dalam presentasi-presentasi kelas. Anggap remeh, dan tampil seadanya. Kurang kreatifitas, tidak belajar untuk lebih baik pada kesempatan berikutnya atau bahkan tidak peduli dengan membiarkan rekan yang lain melakukannya.

Tidak ada terbersit gambaran saat mereka bekerja nanti, mereka akan dituntut untuk siap presentasi kapanpun. Tidak peduli mood mereka saat itu, apa isi otak mereka sebelum presentasi atau siapa audiensnya. Tidak heran jika masukan dari beberapa employer alumni berkomentar bahwa sekalipun kemampuan alumni tidak diragukan, tetapi kepercayaan diri masih perlu ditingkatkan karena masih dalam taraf rata-rata atau bahkan di bawah.

Kita ini kan bukan robot, tapi manusia yang dibentuk dari kebiasaan atau habit. Kalau kebiasaan untuk mengerjakan tugas dengan serius sudah sejak awal hasil tugas mereka juga baik, lalu cenderung punya prestasi yang baik, di akademik dan pekerjaan juga.

Jadi selagi ada waktu untuk pamer kebolehan diri dan kreatifitas maka manfaatkan kesempatan pamer itu.

Tidak ada komentar: