Selasa, Februari 19, 2008

dash express: the smart GPS

Saat ini banyak masyarakat yang mobilitasnya tinggi sehingga memilih mobil sebagai alat transportasi yang dianggap lebih cepat dibanding alat transportasi darat lainnya. Begitu banyak masyarakat yang menggunakan mobil ini mengakibatkan sering terjadi kemacetan. Tentu saja hal ini sangat mengganggu para pengguna mobil yang umumnya memiliki jadwal kegiatan yang padat. Untuk mengatasi hal itu, dikembangkanlah teknologi GPS yang lebih efiesien dan berguna bagi masyarakat.

Perusahan DASH Navigation mengeluarkan produk GPS pertama yang secara permanen terkoneksi ke internet. Alat ini dinamakan Dash Express. Awalnya, tujuan utama dari Dash Express adalah mengumpulkan data dari jaringan pemilik alat mereka untuk mencari jalan yang tidak macet. Alat ini bisa menerima informasi tentang kemacetan lalu lintas dari sejumlah sumber berbeda termasuk alat milik orang lain. Tidak hanya itu GPS ini mampu mendownload jadwal film di bioskop, mencari tempat parkir yang kosong, mencegah jalan yang macet dengan cara mencari alternatif jalan lain yang tidak macet, mencari tempat bensin yang menjual dengan harga paling murah.

Dash Express memiliki dua sistem konektivitas sekaligus, yaitu selular dan Wi-Fi yang bisa memberi informasi seluruh dunia melalui Internet dan jaringan pengguna alat ini.

Secara selular, sistem di alat ini mampu menampilkan data lalu lintas atau traffic saat itu juga yang datang dari jaringan pengguna alat ini. Jadi, masing-masing pengguna dapat mengetahui letak, arah dan data dari pengguna lain. Sedangkan konektivitas menggunakan Wi-Fi dapat memberikan informasi POI (Point of Interest) melalui database Yahoo local.

Fungsi utama Dash Express antara lain :

  1. Dash Network Traffic
  2. Destination Search
  3. Send to Car

Dash Network Traffic adalah sebuah fitur yang mampu memilih rute terbaik yang telah direkomendasikan bagi pengendara. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan historical traffic (peta yang berisi jalan-jalan utama) bawaan alat ini. Jika kita menggunakan alat ini dan melalui sebuah jalur yang baru dan tidak ada di jalur bawaan alat ini, maka kita dapat merekamnya. Selain itu, kita bisa menggunakan Real Time Traffic Data, yaitu informasi mengenai traffic dari pengguna Dash lainnya yang akan dikirimkan ke pengguna-pengguna Dash.

Destination Search memampukan kita untuk mencari segala informasi dari Internet. Tidak hanya informasi tentang jalan, tetapi kita bisa mengupdate jadwal film atau mengetahui informasi tempat-tempat umum dan khusus lainnya melalui Internet.

Kita bisa mengakses alamat web tanpa harus mengetikkan secara manual dengan menggunakan fitur Send to Car.

Fitur tambahan lainnya antara lain fitur navigation standart yang terdapat di GPS pada umumnya. Seperti turn by turn direction dan text and voice guidance. Kelebihan lainnya seluruh peta dan POI akan terupdate secara otomatis dan Over the Air.

Penggunaan alat ini akan membantu mengurangi kemacetan karena tiap pengguna Dash Express dapat mengetahui jalur terbaik bagi perjalanannya. Selain itu, pengguna Internet akan semakin meningkat karena Dash Express terkoneksi dengan Internet. Efisiensi waktu bagi pengendara mobil dan kita tak perlu takut tersesat karena Dash Express dilengkapi dengan peta dan alat perekam.

Semoga saja kelak, alat ini akan membantu masyarakat Indonesia, terutama Jakarta terlepas dari kemacetan.

Referensi:

Dash Express menuju navigation 2.0 online di http://goject.com/2007/01/23/dash-express-menuju-navigation-20/. Tanggal akses 14 Februari 2008.-- Dash Express online di http://www.dash.net/product.php. Tanggal akses 14 Februari 2008.

[paper ditulis oleh Fefe-Vira-Ronny sebagai paper tugas Komputer dan Masyarakat semester Genap 2007/2008]

Tidak ada komentar: